Bismillahirrohmaanirrohimm
Kegiatan fira hari ini merangkai kata dan berbicara di depan kamera.
Ada peoject keluarga kami untuk membuat project design dan presentasi setiap ahad. ghina dan fira mempresentasikan design buatannya, pekan lalu tdk dibuat rekamannya. Namun, ahad ini kami sepakati dibuat rekamannya saat presentasi.
Project design sepekan kemarin bertema logo atau brenchmark. Mereka bebas berkreasi dan mengembangkan konten kesukaan mereka.
Fira agak grogi memulai presentasi di depan kamera. Strategi yang dipakai akhirnya Ghina memulai duluan, diikuti Fira.
Di bagian akhir ada penilaian dan pemberian reward. Keduanya mendapatkan reward, meski fira mendapat lebih sedikit, ada beberapa saran untuk improvement fira ke depan. Pekan depan temanya mendesign quotations. Kt abinya kalian bisa sambil menemukan kata2 terbaik dari orang hebat.
Kekuatan ranah intrapersonal mengendalikan diri dan membentuk harga diri pd anak2 kami temui..semua berproses untuk bisa bicara dan menguasai materi presentasi.
Presentasi berarti juga membagi buah fikir pada orang lain, semoga menguatkan ranah interpersonal anak2.
#Hari4
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
Sunday, March 31, 2019
Hiking dan kunjungan ke Istana tua
Bismillahirrohmaanirrohiim
Istana berusia 100 tahun ini bernama istana St.Martin. Untuk sampai kesana kami harus berjalan sejauh kira-kira 1.5 km, dengan perjalanan yang cukup menanjak, maka kami menyebutnya hiking..hihi hiking sederhana sebetulnya. Fira riang gembira menyambut pagi hari dan dia bersedia menjadi leader untuk keberangkatan kami kesana.
Di perjalanan hiking Fira bersemangat mengeksplorasi alam sekitar bersama anak-anak lainnya, total ada 7 anak-anak yang ikut hiking ini. Jalanan menanjak yang dipilih anak-anak malah yang terjal-terjal..seperti ada tantangan lebih untuk mereka, Fira turut serta dan tampak menikmatinya. Fira jg mengambil beberapa foto di spot menariknya.
Sesampai di istana yang kita tuju, sudah berkumpul banyak orang yang sebagian besar adalah foreigner (berasal dari China, Philipina, Peru, Syria) yang sebagian juga sudah saya kenal. Saatnya mengikuti kegiatan mengelilingi istana ini dengan seorang tour guide. Orangtua dan anak-anak bergabung, namun beberapa penekanan informasi untuk anak-anak juga disampaikan oleh tour guide. Ternyata istana ini adalah sebuah pusat ekonomi dan pusat pendidikan, dan bukan istana tempat kedudukan raja begitu...hmmm menarik nih.
Di bagian akhir touring, kami diberi kuis berkaitan dengan istana. Fira ikut serta menjawab kuis. Dia banyak menjelaskan yg sempat dia tangkap dan fahami ke saya, misalnya ttg pohon yg sangat tua yg kemudian diberi julukan pohon mammut. Unik ya... krn mammut adalah binatang purba, maka pohon yg sangat tua diberi nama tersebut. Fira berinisiatif menceritakan ulang, ini krn dia tau saya hanya sangat sedikit tahu bahasa Jerman.
Kekuatan yg saya amati dr Fira adalah kenyamanan berinteraksi bersama dengan banyak orang dr berbagai asal yg berbeda. Dari substansi touring yg saya amati, substansi tentang pohon2 di sekitar istana cukup menarik hatinya dan berulang dia highlight saat menjelaskan pada saya.
#Hari3
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
Saturday, March 30, 2019
Berfikir tentang orang lain
Bismillahirrohmaanirrohimm
Bintang dan energinya anak perempuan Firaku yg secara fitrah muncul adalah care taker. Hari ini sepulang sekolah fira membawa banyak majalah, sama edisi dan isinya.
Sambil bingung saya menyapanya dan membiarkan dia melanjutkan aktivitasnya:
Dia menyobek bagian2 halaman, yg setopik dikumpulkan dan dikelompokkan. Ini majalah bekas yang tidak terpakai lagi di sekolah, dan diperbolehkan diambil oleh bu guru kata Fira..Saya mencoba bertanya apa itu yg dirobek dan dipilah pilah? Firanya bilang ini ada macem2 mi.. ada poster2, kuis2, cerita2 dan pengetahuan. Gimana contohnya yg cerita saya coba dalami... ini missl tentang bambu untuk bangun rumah mi...Hmm sy mulai menangkap apa yg dikerjakannya.
Lalu untuk apa punya bahan yg dipilah pilah begitu.. firanya menjawab untuk bahan belajar dek aakif atau nti siapa aja. Sebuah Quote dari Shiv Khera menginspirasi saya : "Your positive action combined with positive thingking results in success". Kalau apa yang Fira flakukan dan ikirkan adalah hal yang positive untuk berbuat pada orang lain, maka kelanjutan nya adalah sukses. Semoga segala yang kita lakukan bermanfaat ya nak...aamiin
Disini sy juga menangkap sebuah aktivitas yg menyenangkan bagi Fira dan ada ranah interpersonal yg diidamkan oleh Fira sampai dia memikirkan kebutuhan orang lain serta mempersiapkannya dengan caranya.
Jd sebelumnya kami sering jg bermain peran mjd guru atau pengasuh dan pendamping child care. Harus banyak lagi kegiatan next nextnya berbagi dan membangun kerjasama.
#Hari2
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
Bintang dan energinya anak perempuan Firaku yg secara fitrah muncul adalah care taker. Hari ini sepulang sekolah fira membawa banyak majalah, sama edisi dan isinya.
Sambil bingung saya menyapanya dan membiarkan dia melanjutkan aktivitasnya:
Dia menyobek bagian2 halaman, yg setopik dikumpulkan dan dikelompokkan. Ini majalah bekas yang tidak terpakai lagi di sekolah, dan diperbolehkan diambil oleh bu guru kata Fira..Saya mencoba bertanya apa itu yg dirobek dan dipilah pilah? Firanya bilang ini ada macem2 mi.. ada poster2, kuis2, cerita2 dan pengetahuan. Gimana contohnya yg cerita saya coba dalami... ini missl tentang bambu untuk bangun rumah mi...Hmm sy mulai menangkap apa yg dikerjakannya.
Lalu untuk apa punya bahan yg dipilah pilah begitu.. firanya menjawab untuk bahan belajar dek aakif atau nti siapa aja. Sebuah Quote dari Shiv Khera menginspirasi saya : "Your positive action combined with positive thingking results in success". Kalau apa yang Fira flakukan dan ikirkan adalah hal yang positive untuk berbuat pada orang lain, maka kelanjutan nya adalah sukses. Semoga segala yang kita lakukan bermanfaat ya nak...aamiin
Disini sy juga menangkap sebuah aktivitas yg menyenangkan bagi Fira dan ada ranah interpersonal yg diidamkan oleh Fira sampai dia memikirkan kebutuhan orang lain serta mempersiapkannya dengan caranya.
Jd sebelumnya kami sering jg bermain peran mjd guru atau pengasuh dan pendamping child care. Harus banyak lagi kegiatan next nextnya berbagi dan membangun kerjasama.
#Hari2
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
Friday, March 29, 2019
Bintang Gemintang
Bismillahirrohmaanirrohiim
Untuk apa ada bintang? Allah menciptakan bintang memiliki tujuan Salah satunya menjadi petunjuk bagi manusia. Bintang adalah penerang seisi Dunia dan penjadi bukti kebesaranNya.
“Dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk.” (QS. An Nahl: 16).
Filosofi bintang adalah filosofi energi kehidupan menurut Saya. Dan dalam konteks pendidikan dan pengasuhan anak sayapun menyukai istilah energi. Setidaknya tagline keluarga we are energetic Team sering memacu kami bergerak dan melakukan effort apapun Yang terbaik.
Saat ini sudah memasuki masa tantangan baru yakni Semua anak adalah bintang. Saya akan fokus menyetorkan hasil pengamatan Saya pada Fira anak kedua Saya Yang berusia 9 tahun.
Sejauh Yang Saya amati Fira menyukai Aktivitas menyanyi, teater dan bahasa. Dia anak Yang tegas dan juga care taker. Fira masih sering menjadi pemalu dan butuh didampingi di kerumunan orang atau untuk kontak dengan oranglain Yang tidak begitu dia kenal. Saat kami berbincang-bincang santai, sering kami sampai pada kekuatannya melakukan Aktivitas berbagi ilmu dengan anak lain, khususnya adik-adik dan anak-anak yang lebih kecil Yang lain.
Saya merancang dalam minimal 10 hari kedepan untuk Fira : banyak bertemu dan kontak dengan orang lain, banyak mencoba bermacam Aktivitas care taker dan Aktivitas berbahasa dan eksplorasi perasaan.
Hari pertama ini kami sama-sama menghadiri acara reading day Yang diorganisasi oleh perpustakaan pusat kota. Acaranya teater dan Story telling tentang ratu katak. https://www.stadtbibliothek.graz.at/index.asp?ID=4600#prettyPhoto
Selama acara Fira tampak antusias dan menyimak dengan baik, tampak konsentrasi dan menikmati jalannnya cerita, sesekali tersenyum pada part Yang lucu. Saat kami datang, ada satu orangtua Yang juga mengikuti acara tersebut, dan menyusul seorang ibu dan seorang dewasa lainnya. Saat pementasannya selesai Saya memberi "kode" pada Fira untuk memberikan apresiasi Applause pada pemain. Fira menyambut kode Saya dan spontan bertepuk tangan dan mengatakan terimakasih. Saya membisikinya gimana kalau kita meminjam alat pentas mereka Yang kayu berupa katak Yang bisa dibunyikan. Fira dengan halus menolak, Saya melihat aura malu di wajahnya. Saya menawarkan diri untuk mendampinginya meminjam, diapun setuju dan akhirnya dia mau dan memainkan mainan kayu unik tersebut, bunyi Yang dihasilkan persis seperti suara katak. Fira tampak meminjamkan katak kayu ke Sabiq, dan mengajari Sabiq bermain.
Diperjalanan pulang Saya meminta Fira mengulangi cerita tentang ratu kataknya. Fira bilang nanti di rumah saja. Eh benar saja dia bercerita sari awal sampai akhir. Ada satu pengamatannya Yang Saya tangkap menarik, masak ratu menikah sama katak, katak kann binatang. Hmmm sebuah kesimpulan Yang baik.
Saya memberi tanda pada hal-hal positif Yang Saya amati dari kegiatan diatas :
1. Pada ranah intrapersonal Fira Cakap Saat menjadi audience, menyimak dan siap menangkap cerita.
2. Pada ranah Interpersonal : Mampu menunjukkan sikap apresiatif pada para pemeran, Dengan pendampingan mampu memulai komunikasi sederhana seperti meminjam sesuatu.
3. Pada ranah hubungan Change factor: memiliki ide dan melakukan inisiasi mempengaruhi adiknya Sabiq untuk bisa melakukan sesuatu Yang baru.
4. Pada ranah hubungan tuhannya: Mampu mengidentifikasi dan meyakini bahwa fitrahnya manusia menikah dengan manusia bukan dengan binatang.
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
Untuk apa ada bintang? Allah menciptakan bintang memiliki tujuan Salah satunya menjadi petunjuk bagi manusia. Bintang adalah penerang seisi Dunia dan penjadi bukti kebesaranNya.
“Dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk.” (QS. An Nahl: 16).
Filosofi bintang adalah filosofi energi kehidupan menurut Saya. Dan dalam konteks pendidikan dan pengasuhan anak sayapun menyukai istilah energi. Setidaknya tagline keluarga we are energetic Team sering memacu kami bergerak dan melakukan effort apapun Yang terbaik.
Saat ini sudah memasuki masa tantangan baru yakni Semua anak adalah bintang. Saya akan fokus menyetorkan hasil pengamatan Saya pada Fira anak kedua Saya Yang berusia 9 tahun.
Sejauh Yang Saya amati Fira menyukai Aktivitas menyanyi, teater dan bahasa. Dia anak Yang tegas dan juga care taker. Fira masih sering menjadi pemalu dan butuh didampingi di kerumunan orang atau untuk kontak dengan oranglain Yang tidak begitu dia kenal. Saat kami berbincang-bincang santai, sering kami sampai pada kekuatannya melakukan Aktivitas berbagi ilmu dengan anak lain, khususnya adik-adik dan anak-anak yang lebih kecil Yang lain.
Saya merancang dalam minimal 10 hari kedepan untuk Fira : banyak bertemu dan kontak dengan orang lain, banyak mencoba bermacam Aktivitas care taker dan Aktivitas berbahasa dan eksplorasi perasaan.
Hari pertama ini kami sama-sama menghadiri acara reading day Yang diorganisasi oleh perpustakaan pusat kota. Acaranya teater dan Story telling tentang ratu katak. https://www.stadtbibliothek.graz.at/index.asp?ID=4600#prettyPhoto
Selama acara Fira tampak antusias dan menyimak dengan baik, tampak konsentrasi dan menikmati jalannnya cerita, sesekali tersenyum pada part Yang lucu. Saat kami datang, ada satu orangtua Yang juga mengikuti acara tersebut, dan menyusul seorang ibu dan seorang dewasa lainnya. Saat pementasannya selesai Saya memberi "kode" pada Fira untuk memberikan apresiasi Applause pada pemain. Fira menyambut kode Saya dan spontan bertepuk tangan dan mengatakan terimakasih. Saya membisikinya gimana kalau kita meminjam alat pentas mereka Yang kayu berupa katak Yang bisa dibunyikan. Fira dengan halus menolak, Saya melihat aura malu di wajahnya. Saya menawarkan diri untuk mendampinginya meminjam, diapun setuju dan akhirnya dia mau dan memainkan mainan kayu unik tersebut, bunyi Yang dihasilkan persis seperti suara katak. Fira tampak meminjamkan katak kayu ke Sabiq, dan mengajari Sabiq bermain.
Diperjalanan pulang Saya meminta Fira mengulangi cerita tentang ratu kataknya. Fira bilang nanti di rumah saja. Eh benar saja dia bercerita sari awal sampai akhir. Ada satu pengamatannya Yang Saya tangkap menarik, masak ratu menikah sama katak, katak kann binatang. Hmmm sebuah kesimpulan Yang baik.
Saya memberi tanda pada hal-hal positif Yang Saya amati dari kegiatan diatas :
1. Pada ranah intrapersonal Fira Cakap Saat menjadi audience, menyimak dan siap menangkap cerita.
2. Pada ranah Interpersonal : Mampu menunjukkan sikap apresiatif pada para pemeran, Dengan pendampingan mampu memulai komunikasi sederhana seperti meminjam sesuatu.
3. Pada ranah hubungan Change factor: memiliki ide dan melakukan inisiasi mempengaruhi adiknya Sabiq untuk bisa melakukan sesuatu Yang baru.
4. Pada ranah hubungan tuhannya: Mampu mengidentifikasi dan meyakini bahwa fitrahnya manusia menikah dengan manusia bukan dengan binatang.
Master mind bagi Saya dan suami, Tinggal dilanjutkan saja hal-hal Yang positif tersebut, Tidak ada Yang kami risaukan dengan Fira. Brainstorming Aktivitas2 lain untuk Fira terkait dengan fokus Yang Saya sampaikan diatas adalah :Mengelola
child care / kinderbetreuung untuk Aakif, Hiking
dan touring sebuah Castle bersama komunitas foreigner, Membuat
rekaman video conversation, Belanja
ke supermarket dan membuat laporan belanja, Games
mencari jejak, MenDesign
acara TPA di rumah kita, Mengikuti
tes Electro Encephalography (EEG) di institute Psychology Univ of Graz, Kejutan
Tiramisu untuk Om dan membuat Surat
atau kartu untuk nenek. Semoga sekeluarga selalu berbintang alias berenergi untuk itu semua….aamiin :)
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
Wednesday, February 27, 2019
KOMBINASI
Bismillahirrohmaanirrohiim
Selesai dari tantangan bermain dan menyukai matematika bersama buah hati, saya menarik sebuah Review versi saya dengan kata kombinasi. Karena ternyata untuk bisa suka matematika pun Kita butuh :
KOMBINASI orangtua dan buah hati yang:
1.saling responsif, ambil momen Saat anak siap bermain dan ibu full konsentrasi
2.saling nyekrup kayak baut dan mur
3.saling bercerita, karena cerita membantu semuanya menjadi nyata, sebuah abstraksi akan memudar menjadi nyata melalui Benda dan ceritanya.
4.saling berimajinasi, saling melontarkan isi fikiran Kita
5.saling menghargai, sebuah lambang dari adab dan etika belajar bersama.
Meski begitu.. Kita harus tahu apa Yang sedang Kita nikmati ini?
Orangtua dan buah hati membiasakan diri bekerja dengan angka, menemukan metode Yang Logis untuk menjawab berbagai masalah atau pertanyaan, bahkan Kita menjadi mahir mencocokkan Benda dan peristiwa, mengklasifikasi Benda nyata maupun Benda abstrak seperti pemikiran dan mengkategorisasikannya menjadi simple. Sehingga akhirnya mudah untuk dilakukan pemecahan masalah. Tidak sadar, Kita are comfortable working with the Abstract.
Tidak masalah bagi Kita mengkombinasikan hal nyata dan hal abstrak. Keduanya ada dalam kehidupan Kita.
Selesai dari tantangan bermain dan menyukai matematika bersama buah hati, saya menarik sebuah Review versi saya dengan kata kombinasi. Karena ternyata untuk bisa suka matematika pun Kita butuh :
KOMBINASI orangtua dan buah hati yang:
1.saling responsif, ambil momen Saat anak siap bermain dan ibu full konsentrasi
2.saling nyekrup kayak baut dan mur
3.saling bercerita, karena cerita membantu semuanya menjadi nyata, sebuah abstraksi akan memudar menjadi nyata melalui Benda dan ceritanya.
4.saling berimajinasi, saling melontarkan isi fikiran Kita
5.saling menghargai, sebuah lambang dari adab dan etika belajar bersama.
Meski begitu.. Kita harus tahu apa Yang sedang Kita nikmati ini?
Orangtua dan buah hati membiasakan diri bekerja dengan angka, menemukan metode Yang Logis untuk menjawab berbagai masalah atau pertanyaan, bahkan Kita menjadi mahir mencocokkan Benda dan peristiwa, mengklasifikasi Benda nyata maupun Benda abstrak seperti pemikiran dan mengkategorisasikannya menjadi simple. Sehingga akhirnya mudah untuk dilakukan pemecahan masalah. Tidak sadar, Kita are comfortable working with the Abstract.
Tidak masalah bagi Kita mengkombinasikan hal nyata dan hal abstrak. Keduanya ada dalam kehidupan Kita.
Tuesday, February 26, 2019
Konsistennya semangat memprioritaskanNya
Bismillahirrohmaanirrohiim
Saya sering menemui dialog dalam diri saya yang tarik menarik alias tarik ulur. Mengerjakan hal yang baik pun seringkali begitu. Entahlah bisikan "nanti lagi", "biar yang lain (orang lain) dulu" dan lain ragam bisikan. Salah satu contohnya dalam memberikan ide, seringkali sebelum melempar ide, terlintas, kayanya itu sudah pasti terfikirkan deh sama teman2. Sore ini rapat dengan teman-teman PhD dalam mengorganisasi conference. Saya tetiba ingin menyampaikan tentang sponsorship dari publisher. Saya tidak menyangka ternyata itu hal baru buat teman-teman disini.
Lalu mengapa ya ada suatu kala kita berfikir mundur dan mengurungkan niat untuk kebaikan?
Sebagai pelaku urusan mengasuh anak, melayani suami, mengabdi pada pekerjaan berbayar maupun unpaid, saya saat ini ingin menggaris bawahi bahwa sebelum semua urusan itu bisa kita lakukan dan kerjakan, dahulukan urusan Allah. Pengabdian utama pada Allah SWT haruslah berada pada posisi prioritas.
Didalam aktivitas komunikasi dengan Allah terselit komitmen padaNya bahwa saya akan menjadikan masa saat ini untukNya. Setelah yang prioritas ini kita dahulukan, yakinlah bahwa setelah itu urusan-urusan anak dan suami juga pekerjaan begitu saja mengalir dan seolah tanganNya membantu melancarkan semuanya.
Memprioritaskan Allah juga berarti meletakkan harapan atas hasil dari urusan kita hanya RidhoNya semata. Sebelum semuanya seolah-olah tercapai dan berhasil, selalu ada tahapan belajar yang itu juga menjadi jalan yang Allah Ridhoi, lalu mengapa harus merengek untuk terus cepat berhasil mencapai puncak tujuan?
Kerikil dan rintangan dalam perjuangan itu sunnatulloh, katanya bila jalan pejuang itu mudah berarti kita sebenarnya sedang salah jalan. Warning bagi saya pribadi, bila semua terasa mudah, berarti saya mungkin sedang tersesat.
Sampai akhirnya saya sadar bahwa konsistennya semangat mendahulukanNya adalah jalan untuk SIAP kembali padanNya kapanpun. Ya Robbana...kuatkanlah hamba dan keluarga hamba serta anak keturunan hamba bersandar dan mendahulukan urusanMu dalam hidup kami.aamiin
Saya sering menemui dialog dalam diri saya yang tarik menarik alias tarik ulur. Mengerjakan hal yang baik pun seringkali begitu. Entahlah bisikan "nanti lagi", "biar yang lain (orang lain) dulu" dan lain ragam bisikan. Salah satu contohnya dalam memberikan ide, seringkali sebelum melempar ide, terlintas, kayanya itu sudah pasti terfikirkan deh sama teman2. Sore ini rapat dengan teman-teman PhD dalam mengorganisasi conference. Saya tetiba ingin menyampaikan tentang sponsorship dari publisher. Saya tidak menyangka ternyata itu hal baru buat teman-teman disini.
Lalu mengapa ya ada suatu kala kita berfikir mundur dan mengurungkan niat untuk kebaikan?
Sebagai pelaku urusan mengasuh anak, melayani suami, mengabdi pada pekerjaan berbayar maupun unpaid, saya saat ini ingin menggaris bawahi bahwa sebelum semua urusan itu bisa kita lakukan dan kerjakan, dahulukan urusan Allah. Pengabdian utama pada Allah SWT haruslah berada pada posisi prioritas.
Didalam aktivitas komunikasi dengan Allah terselit komitmen padaNya bahwa saya akan menjadikan masa saat ini untukNya. Setelah yang prioritas ini kita dahulukan, yakinlah bahwa setelah itu urusan-urusan anak dan suami juga pekerjaan begitu saja mengalir dan seolah tanganNya membantu melancarkan semuanya.
Memprioritaskan Allah juga berarti meletakkan harapan atas hasil dari urusan kita hanya RidhoNya semata. Sebelum semuanya seolah-olah tercapai dan berhasil, selalu ada tahapan belajar yang itu juga menjadi jalan yang Allah Ridhoi, lalu mengapa harus merengek untuk terus cepat berhasil mencapai puncak tujuan?
Kerikil dan rintangan dalam perjuangan itu sunnatulloh, katanya bila jalan pejuang itu mudah berarti kita sebenarnya sedang salah jalan. Warning bagi saya pribadi, bila semua terasa mudah, berarti saya mungkin sedang tersesat.
Sampai akhirnya saya sadar bahwa konsistennya semangat mendahulukanNya adalah jalan untuk SIAP kembali padanNya kapanpun. Ya Robbana...kuatkanlah hamba dan keluarga hamba serta anak keturunan hamba bersandar dan mendahulukan urusanMu dalam hidup kami.aamiin
Wednesday, February 20, 2019
Kartu BIO
Bismillahirrohmaanirrohimm
Hari ke-15 untuk menemukan matematika logis. Kami bermain kartu bio kalau kata Aakif. Kartu ini memang bergambar sayur dan buah sesuai kelompoknya. Masing2 kelimpok memiliki 4 anggota. Ada 1A,1B,1C,1D, 2A...s.d 10D. Contohnya kartu 1 adalah pomaceous fruit, yg beranggotakan Apel, Pear, Quince dan Medlar. Disebutkan dalam 4 bahasa pula; English, Deutsch, Croasia dan Turki. Menarik.
Permainannya simple, kartu diacak dan dibagi rata sampai habis, ujungnya adalah mengumpulkan seri A sampai D. Sambil belajar membaca buah dan sayur serta kelompoknya tsb.
Melalui aktivitas ini anak melogika sebuah kelompok yg terdiri dari beberapa anggota sejenis. Kelompok2 ini semua adalah buah dan sayur bio. Ketika saya bawa ke kelompok terbesar, yakni buah dan sayur bio, anak mampu melogika dengan menjumlahkan semua kartu. Ternyata ada 40 jenis buah dan sayur.
#harike15
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#Thinklogic
Hari ke-15 untuk menemukan matematika logis. Kami bermain kartu bio kalau kata Aakif. Kartu ini memang bergambar sayur dan buah sesuai kelompoknya. Masing2 kelimpok memiliki 4 anggota. Ada 1A,1B,1C,1D, 2A...s.d 10D. Contohnya kartu 1 adalah pomaceous fruit, yg beranggotakan Apel, Pear, Quince dan Medlar. Disebutkan dalam 4 bahasa pula; English, Deutsch, Croasia dan Turki. Menarik.
Permainannya simple, kartu diacak dan dibagi rata sampai habis, ujungnya adalah mengumpulkan seri A sampai D. Sambil belajar membaca buah dan sayur serta kelompoknya tsb.
Melalui aktivitas ini anak melogika sebuah kelompok yg terdiri dari beberapa anggota sejenis. Kelompok2 ini semua adalah buah dan sayur bio. Ketika saya bawa ke kelompok terbesar, yakni buah dan sayur bio, anak mampu melogika dengan menjumlahkan semua kartu. Ternyata ada 40 jenis buah dan sayur.
#harike15
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#Thinklogic
Subscribe to:
Posts (Atom)
Bunda produktif
Ini dia jurnal menelisik passion pekan pertamaku... Gambar Passion Canvas
-
Bismillahirrohmaanirrohiim KINSEY SCALE TEST Sejujurnya Saya baru nih menemukan ada skala tes ini. Saya pun mencoba mengeksplorasinya....
-
Bismillahirrohmaanirrohiim Zaman saya umur satu digit, ada 2 kategori telegram yang saya kenal. Pertama adalah telegram, kalau ibu saya dap...
-
Ini dia jurnal menelisik passion pekan pertamaku... Gambar Passion Canvas